10 Tips Menaklukkan Insomnia, DiJamin Pulas!

Advertise

KODE IKLAN DISINI

Safe Link Converter

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc!
Made your link safe to visit.





How to use our tool:

  1. Click on How To Use menu above.
  2. Click on the code and CTRL + C on your keyboard.
  3. Paste the code in your HTML blog theme before the </body>.
  4. Save your HTML blog theme. you are done!
  5. Now, your blog's outbound links was encrypted!

Advertise

KODE IKLAN DISINI

Your link show here



Advertise

KODE IKLAN DISINI




Bagamaina cara mengatasi insomnia? Saat ini, makin banyak orang berjuang demi tidur nyenyak. Masing-masing punya tingkat masalah tidur yang berlainan.

Mungkin Anda merasa sulit tidur saat otak terbebani banyak persoalan. Atau terbangun di tengah malam dan sulit untuk kembali tidur karena terlalu banyak minum kopi sepanjang hari.

Intinya, insomnia bukanlah istilah yang mudah didefinisikan karena tiap individu memiliki variasi dan cara yang berbeda dari kasus yang mereka derita.

tips mengatasi insomnia

Cara Mengatasi Insomnia


Jika Anda menderita insomnia, ada banyak cara yang bisa Anda tiru untuk mengubah perilaku dan gaya hidup agar tidur Anda kembali pulas.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi insomnia.

Bangun di waktu yang sama setiap hari

Begadang hingga larut malam memang mengasyikkan, apalagi di akhir pekan. Terlebih jika Anda kurang tidur selama seminngu.

Namun, jika Anda penderita insomnia, biasakan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk melatih tubuh Anda bangun pada waktu yang konsisten.

Hilangkan alkohol, nikotin dan kafein

Efek kafein bisa berlangsung selama beberapa jam, bahkan mungkin sampai 24 jam, sehingga secara signifikan itu akan mempengaruhi tidur Anda.

Kafein mungkin tidak hanya menyebabkan sulit tidur, tapi juga menyebabkan Anda jadi sering terbangun.
Sedangkan alkohol mungkin memiliki efek sedatif dalam beberapa jam pertama setelah konsumsi, namun setelahnya akan membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Jika Anda menggunakan obat-obatan stimulan, seperti dekongestan atau inhaler asma, tanyakan kepada dokter Anda kapan sebaiknya dilakukan untuk meminimalkan gangguan tidur.

Kurangi tidur siang

Sementara tidur siang sepertinya cara yang tepat untuk menutup kekurangan jatah tidur Anda, tapi sebenarnya tidak selalu begitu.

Penting untuk membangun dan memelihara pola tidur yang teratur dan melatih diri mengasosiasikan tidur dengan isyarat-isyarat penting seperti kegelapan dan waktu tidur yang konsisten.

Jadi, tidur siang nantinya justru bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda di malam hari.

Olahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Namun, kebiasaan berolahraga sebelum tidur malah memiliki efek stimulan pada tubuh dan sebaiknya itu dihindari.

Usahakan untuk menyelesaikan latihan Anda minimal tiga jam sebelum Anda berencana untuk beranjak ke peraduan malam.

Batasi aktivitas di tempat tidur

Tempat tidur adalah untuk tidur dan berhubungan intim dengan pasangan, hanya itu.

Untuk mengatasi insomnia, jangan biasakan membaca buku, belajar, atau melakukan panggilan telepon, misalnya saat tidur atau bahkan di kamar tidur.

Hindari menonton televisi atau mendengarkan radio saat di tempat tidur. Semua aktivitas ini bisa membuat Anda selalu terjaga hingga sulit untuk tertidur.

Jangan makan atau minum sebelum tidur

Makan malam atau ngemil sebelum tidur bisa mengaktifkan sistem pencernaan dan membuat Anda tetap terjaga.

Bahkan lebih penting lagi, jika Anda menderita gastroesophageal reflux (GERD) atau mulas, hindari makan dan minum sebelum tidur karena hal ini akan membuat penyakit Anda makin memburuk.

Selain itu, minum banyak air sebelum tidur bisa membanjiri kandung kemih, akibatnya kunjungan malam ke kamar kecil akan makin sering. Inilah yang membuat tidur Anda jadi terganggu. 

Jadikan lingkungan tidur Anda nyaman

Suhu, pencahayaan, dan kebisingan harus dikontrol agar kamar tidur kondusif dan Anda bisa lelap (dan tetap) tertidur. Tempat tidur harus nyaman.

Dan jika hewan peliharaan ikut tidur bersama di kamar tidur Anda, cobalah untuk membiarkannya tidur di tempat lain jika cenderung membuat bising di malam hari.

Buang kecemasan sebelum tidur

Jika saat berbaring di tempat tidur Anda masih memikirkan masa depan, mulailah pertimbangkan untuk menyisihkan waktu (mungkin setelah makan malam)  untuk meninjau ulang rencana Anda pada hari berikutnya.

Tujuannya adalah agar Anda menghindari melakukan hal-hal ini saat mencoba tertidur.

Membuat daftar kerja juga bisa berguna. Katakanlah, pekerjaan yang berhubungan dengan tugas untuk hari berikutnya sebelum Anda merampungkan pekerjaan hari ini. Setidaknya, itu bisa menghilangkan kekhawatiran yang mengganggu.

Kurangi stress

Sebelum tidur, Anda mungkin ingin mencoba untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Ada sejumlah terapi relaksasi dan metode pengurangan stres. Contohnya termasuk relaksasi otot progresif (mungkin dengan media audio), teknik pernapasan dalam, citra, meditasi, dan biofeedback.

Cobalah terapi kognitif

Terapi kognitif membantu beberapa orang penderita insomnia untuk mengidentifikasi dan memperbaiki pikiran dan keyakinan yang tidak tepat yang dapat menyebabkan insomnia.

Selain itu, terapi kognitif dapat memberi Anda informasi yang tepat tentang aturan tidur, antara lain perubahan cara tidur terkait usia, dan membantu menetapkan tujuan tidur yang lebih masuk akal.

Semoga tips mengatasi insomnia ini bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Thanks n good bye.