Ingin Gigi Kuning Jadi Putih Berkilau? Nih Solusinya

Cara memutihkan gigi kuning dengan cepat. Sekitar 18 persen orang menyembunyikan gigi mereka saat selfie. Entah merasa malu karena gigi kuningnya atau sebab lain.

Dalam budaya kita, memiliki gigi putih adalah kebanggan. Gigi adalah objek wajah yang paling pertama diperhatikan orang. Mengisyaratkan kesehatan yang terawat sekaligus kepercayaan diri.

Untuk kesan pertama, orang sering minder memiliki gigi yang keropos, bengkok atau berubah warna. Menandakan Anda tidak terlalu peduli dengan diri sendiri.

Anda tentu ingin punya senyum indah dengan gigi putih dan berkilau bukan? Tapi gimana cara memutihkan gigi dengan cepat?

Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Cepat

Mengapa Gigi Berubah Kuning?


Gigi berubah warna menjadi kuning, krem atau coklat, disebabkan noda yang muncul pada permukaan gigi (enamel) maupun pada struktur gigi bagian dalam. Ubin gigi adalah permukaan putih gigi yang keras.

Di bawah enamel adalah zat berwarna coklat pucat yang disebut dentin. Akan lebih terlihat saat email gigi mulai menipis. Umumnya dialami banyak orang dewasa.

Kenapa enamel menipis? Faktor risiko meliputi penuaan, genetika dan asupan makanan adalah pendorong pewarnaan dan erosi gigi. Banyak kebiasaan tidak sehat yang juga meningkatkan risiko penyakit gusi.

Inilah beberapa sebab gigi menjadi kuning, krem atau coklat :
  • Minum kopi atau teh
  • Merokok
  • Penipisan email gigi karena penuaan
  • Mengonsumsi makanan yang buruk, meliputi olahan makanan asam, minuman bersoda, permen atau kadang buah tertentu. Bahkan beberapa suplemen bisa memperburuk penipisan email.
  • Penderita mulut kering (karena kekurangan air liur berarti kurang perlindungan untuk email)
  • Pernapasan melalui mulut akibat hidung tersumbat.
  • Penggunaan antibiotik
  • Asupan fluor berlebihan, terutama jika kebiasaan ini dimulai saat Anda masih kecil
  • Faktor genetik

Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami


Jika ingin gigi kuning jadi putih, Anda bisa mencoba solusi alami. Ada banyak bahan dapur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembalikan senyuman Anda.

Berikut adalah 10 cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami.

Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menyingkirkan gigi kuning. Membantu menghilangkan plak dan membuat lapisan putih gigi Anda bersinar bak mutiara.

cara memutihkan gigi dengan baking soda

Cara memutihkan gigi menggunakan baking soda :
  1. Campur ¼ sendok teh baking soda dengan sedikit pasta gigi. Sikat gigi Anda dengan campuran tersebut dan bilas pakai air hangat. Gunakan 1 atau 2 kali seminggu.
  2. Sebagai alternatif, Anda bisa menggabungkan baking soda dengan jus lemon, cuka putih, atau hidrogen peroksida.
  3. Anda juga bisa membuat obat kumur dengan mencampur 1 sendok makan baking soda dan 1½ sendok teh hidrogen peroksida dengan satu cangkir air dingin. Bilas mulut dengan obat kumur dua atau tiga kali sehari.
  4. Anda juga bisa menggosok gigi dengan soda kue encer selama paling sedikit dua menit. Lakukan dua kali di minggu pertama, dan kemudian setiap 15 hari sekali.

Penting bahwa penggunaan baking soda berlebihan dapat melucuti enamel alami gigi Anda.

Kulit jeruk nipis

Membersihkan gigi dengan kulit jeruk segar secara teratur akan mengurangi irisan kuning yang terakumulasi pada gigi Anda.

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis :
  1. Gosok gigi dengan kulit jeruk nipis setiap malam sebelum tidur. Vitamin C dan kalsium dalam kulit jeruk akan melawan mikroorganisme selama Anda tidur.
  2. Lakukan ini beberapa minggu dan Anda akan melihat hasil yang efektif. Jika kulit jeruk segar tidak tersedia, kulit jeruk kering juga bisa.

cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk

Stroberi

Stroberi mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu membuat gigi Anda lebih putih. Begini caranya….
  1. Giling beberapa stroberi menjadi pasta. Gosokkan pada gigi dengan lembut. Lakukan dua kali sehari selama beberapa minggu. Semburat kuning pada gigi Anda akan lenyap.
  2. Alternatif lainnya adalah mencampur pasta stroberi dengan 1½ sendok teh baking soda. Balurkan ke gigi Anda dan biarkan selama beberapa menit. Bilas mulut Anda lalu sikat gigi dengan pasta gigi untuk membuang residu yang tertinggal.

Hidrogen Peroksida

Efek pemutihan ringan dari hidrogen peroksida dapat membuat gigi kuning menjadi putih kembali.

Caranya, bilas dan kumur dengan obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida. Ingat, jangan ditelan.

Anda juga bisa menyikat gigi Anda dengan campuran pasta baking soda dan hidrogen peroksida. Bilas, lalu sikat gigi lagi dengan pasta gigi biasa.

Gunakan hidrogen peroksida dengan ekstra hati-hati karena dapat menyebabkan iritasi pada gusi dan membuat gigi Anda sensitif.

cara memutihkan gigi dengan hidrogen peroksida

Lemon

Sifat bleaching pada lemon juga bisa menghilangkan warna kuning gigi Anda.

Sebenarnya, berkumur dengan jus lemon dan menggosok gigi dengan kulit lemon adalah salah satu cara memutihkan gigi paling teruji.

Cara memutihkan gigi dengan lemon :
  1. Campur beberapa tetes jus lemon dan sedikit garam.
  2. Oleskan pada gigi yang bernoda dan gosok dengan pasta ke gigi dan gusi Anda dengan kuat. Biarkan selama beberapa menit kemudian bilas mulut Anda dengan air secara menyeluruh .
  3. Lakukan dua kali sehari selama dua minggu untuk menyingkirkan tartar dan semburat kuning.

Garam

Garam adalah zat dasar pembersih gigi yang telah lama digunakan. Membantu recharge kandungan mineral yang hilang di gigi dan menghidupkan kembali warna putihnya.

Cara memutihkan gigi menggunakan garam :
  1. Anda bisa menggunakan garam biasa secara teratur setiap pagi sebagai bedak gigi bukan pasta gigi. Pilihan lainnya adalah mencampur garam biasa dengan arang dan sikat gigi Anda dengan teratur.
  2. Anda juga bisa mencampur garam biasa dengan baking soda dan menggosoknya dengan lembut di gigi Anda.
  3. Hati-hati menggunakan garam. Jika digunakan secara kasar bisa merusak gusi dan email gigi Anda.

cara memutihkan gigi dengan daun kemangi

Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki khasiat pemutih dan juga bisa melindungi gigi Anda dari pilorrhea (penyakit periodontal stadium lanjut).

Caranya :
  1. Jemur beberapa lembar daun kemangi di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Setelah daunnya kering, giling dan tumbuk menjadi bubuk. Campur bubuk kemangi dengan pasta gigi biasa dan sikat gigi Anda.
  2. Pilihan lainnya adalah mencampur pasta gigi dengan daun kemangi dan minyak sawi untuk menggosok gigi.

Apel

Dengan cara dikunyah, apel bisa bertindak sebagai sikat gigi untuk menyikat dan membuat gigi Anda lebih putih.

Makanlah satu atau dua apel setiap hari untuk menghilangkan noda kuning yang terakumulasi pada gigi Anda.

Kunyahnya secara menyeluruh sehingga sifat asam apel dan daging kasarnya yang kaya serat mendapat cukup waktu untuk bekerja pada gigi Anda.

Anda juga bisa makan makanan renyah lainnya seperti wortel mentah, mentimun dan brokoli.

Arang

Sejak dulu, arang paling dikenal berkhasiat memutihkan gigi kuning. Arang mengandung bahan kimia berbasis kristal kuat untuk membuat gigi putih.

Cara memutihkan gigi menggunakan arang :
  1. Campur beberapa bubuk arang dengan pasta gigi biasa dan sikat dengan lembut gigi Anda.
  2. Lakukan dua kali sehari agar gigi putih berkilau.
  3. Jika tak memiliki arang, gunakan abu roti atau rosemary yang dibakar untuk membuat gigi Anda lebih putih.

cara memutihkan gigi dengan margosa

Margosa

Manfaatkan nimba atau margosa untuk menikmati gigi putih dan sehat. Karena sifat astringen dan antiseptik, penggunaan minyak margosa secara teratur dipercaya bisa menyingkirkan bau mulut dan mencegah gigi berlubang.

Gunakan ranting margosa sebagai sikat gigi untuk menyikat gigi. Mengunyah cabang margosa juga membantu mengatasi masalah gigi dan menghilangkan warna kuning.

Campur minyak margosa dengan pasta gigi biasa dan gosok gigi Anda.

Penutup


Untuk hasil positif, cara memutihkan gigi ini juga perlu dibarengi dengan menjaga selalu kebersihan mulut secara teratur. Jika hasilnya kurang memuaskan, konsultasikan dengan dokter gigi Anda.